Video Pelantikan DPRD NTT

 

DPRD NTT SIAP TERUSKAN ASPIRASI KE PUSAT

Jumat, 9 Oktober 2020, DPRD NTT menyatakan siap meneruskan aspirasi ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus di Kota Kupang yang menggelar aksi demonstrasi menolak pengesahan UU Cipta Kerja di Kantor DPRD Provinsi NTT.

 

Masa aksi tersebut terdiri dari beberapa aliansi yakni GMNI Kupang, PMKRI, IMM, HMI, LMND, GMKI. Saat berada di depan gerbang gedung DPRD NTT, massa aksi terus melakukan orasi dan sempat memanas ketika mahasiswa melakukan lempar botol air mineral, batu, dan kayu ke arah polisi. Meski demikian, situasi akhirnya bisa diredam dan membiarkan para mahasiswa masuk ke gedung DPRD.

Sekitar pukul 15:30 Wita, para masa aksi yang diwakili oleh para ketua-ketua organisasi diperbolehkan untuk masuk ke Kantor DPRD NTT dan diterima langsung oleh Ketua DPRD NTT, Emy Nomleni dan Wakil Ketua DPRD NTT, Inche Sayuna.

Kepada Ketua dan Wakil Ketua DPRD NTT saat itu, mereka menyampaikan alasan penolakan terhadap UU Omnibus Law Cipta Kerja sekaligus menyerahkan pernyataan sikap untuk dapat diteruskan kepada DPR RI di Jakarta.

Berikut Pernyataan sikap Cipayung plus Kota Kupang, 

Pertama, mencabut UU Omnibus Law Cipta Kerja yang telah disahkan pada tanggal 5 Oktober 2020. Kedua, mendesak Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo untuk segera menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (PERPU) dan Ketiga, mendesak DPRD provinsi NTT untuk menyatakan sikap mendukung penolakan undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja.

Ketua DPRD NTT, Emy Nomleni mengatakan kesiapan untuk melanjutkan aspirasi tersebut ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI di Jakarta.

“Tentu kami akan melanjutkan aspirasi Ini, dan akan kami sampaikan tembusannya kepada Kelompok Cipayung plus Kota“ ucap Politisi PDIP itu.

“Kalau keputusan ini ada di tangan kami di Pemerintah Provinsi NTT dan DPRD Provinsi NTT tentu kami bisa ada dalam pembahasan lanjutan. Tapi karena ini dari pusat tentu kami harus menyampaikan lanjutan apa yang sampaikan oleh teman-teman sampaikan,” ungkap Nomleni.

Temui massa aksi di Jalan

Sekitar pukul 18:30 Wita, Ketua DPRD NTT, Emy Nomleni dan Wakil Ketua DPRD NTT, Inche Sayuna setelah pertemuan terbatas, turun menemui masa aksi yang sejak siang telah menunggu hasil pertemuan tersebut dengan pengawalan pihak keamanan.

Di tengah-tengah Masa aksi, Kedua Pimpinan DPRD NTT tersebut menemui massa aksi disambut meriah oleh masa aksi. Di hadapan ratusan orang mahasiswa Ketua DPRD berjanji akan meneruskan aspirasi yang menjadi perjuangan para mahasiswa tersebut.

“ada tuntutan yang harus di lanjutkan, kami tidak punya kewenangan untuk menindaklanjutinya namun kami akan melanjutkan  untuk disampaikan kepada DPR RI  dan dalam waktu cepat kami akan mengirimkannya” kata Emi dan disambut meriah tepuk tangan oleh semua masa aksi. (K. Humas)

Additional information