Video Pelantikan DPRD NTT

 

ENAM KALI PEMPROV NTT PERTAHANKAN WTP

 

Ketua DPRD NTT, Ir. Emelia Julia Nomleni menyampaikan apresiasi kepada pemerintah provinsi dalam hal ini Gubernur NTT dan jajaran atas kerja kerasnya selama ini sehingga dapat mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi NTT selama enam tahun berturut-turut. Hal ini diungkapkan Emi dalam sambutannya pada rapat Paripurna ke-2 masa persidangan III tahun 2021 dalam rangka penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Anggaran 2020, Selasa (18/05/21).

“Hal ini merupakan prestasi yang luar biasa karena bukan hal yang mudah untuk mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian selama enam tahun bertutut-turut”, tuturnya.

Dalam rapat yang dihadiri secara virtual oleh Auditor Utama Keuangan Negara VI Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, Bapak Dr. Dori Santoso, SE., MM., CSFA., CFrA di Jakarta tersebut, Ketua DPRD NTT di damping tiga Wakil Ketua DPRD antara lain, Dr. Inche D. P. Sayuna, M. Hum., MKN, Ir. Christian Mboeik, Aloysius Malo Ladi, SE, didampingi Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan dihadiri unsur Forkompimda Provinsi NTT mengatakan, Opini Wajar Tanpa pengecualian ini adalah wujud nyata bahwa pemerintah provinsi NTT telah melaksanakan pengelolaan keuangan daerah secara baik, terbuka, bersih dan efisien sesuai perundangan yang berlaku meskipun dalam suasana pandemi Covid-19 yang mengharuskan pemerintah daerah beberapa kali melakukan perubahan anggaran atau refocusing.

Lebih lanjut Emi mengatakan, dirinya berharap agar pemerintah daerah segera menindaklanjuti hasil rekomendasi BPK RI guna perbaikan pengelolaan keuangan pemerintah provinsi NTT ke depannya agar dapat meningkatkan akuntabilitas keuangan daerah sehingga mendorong terwujudnya good and clean governance terutama yang berkaitan dengan masalah keuangan.

Diakhir sambutannya, Emi mengatakan, Dewan sebagai mitra pemerintah akan terus mengingatkan dan mengawasi agar apa yang telah dicapai dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang sehingga menjadi motivasi bagi bagi pemerintah kabupaten/kota di Nusa Tenggara Timur agar juga meraih predikat Opini yang sama serta senantiasa menggunakan sebesar-besarnya keuangan daerah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.***ok

 

 

Additional information