Video Pelantikan DPRD NTT

 

 

KETUA DPRD NTT MENERIMA KUNJUNGAN KPU PROVINSI NTT

 

Pertemuan Ketua DPRD NTT dengan KPU

Ketua DPRD Provinsi NTT, Emelia J. Nomleni  menerima Kunjungan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis (16/06/22), bertempat di Ruang Kerja Ketua DPRD provinsi NTT, guna membahas Rencana Kebutuhan Biaya (RKB) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun Anggaran 2024.

Dalam penyampaiannya Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Thomas Dohu mengharapkan adanya dukungan Politik dari DPRD Provinsi NTT dalam bentuk pembentukan Peraturan Daerah untuk  dana cadangan yang mana dalam ketentuannya harus melalui Perda Provinsi NTT, karena dalam rapat internal bersama KPU kabupaten kota yang membahas pembiayaan sharing terkait pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang mana sudah ada kesepakatan Bersama bahwa ada 13 item kelompok kerja (pokja) akan dibiayai oleh APBD Kabupaten dan 8 kategori yang akan dibiayai oleh APBD  Provinsi. lebih lanjut dikatakan bahwa hal tersebu tentunya juga harus dikomunikan Bersama TAPD dimasing-masing Kabupaten Kota sehingga apabila hal ini disetujui maka harus ada dalam naungan Perda Provinsi NTT.

“Kita perlu juga dukungan politik dalam bentuk Perda untuk dana cadangan karena ada juga mekanisme yang harus kita lewati khususnya penetapan untuk penggunaan dana cadangan itu harus melalui Perda Provinsi” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Emi Nomleni mengatakan bahwa hal ini merupakan langkah maju dalam menghadapi proses Pemilu dalam hal ini Proses Pemilihan Kepala Daerah. Emi juga mengatakan DPRD NTT tentunya akan memberikan dukungan guna mencapai apa yang disepakati Bersama 

Terkait soal anggaran yang bisa ditindaklanjuti oleh lembaha DPRD yakni dengan memakai sistem Multiyears karena pada tahun 2023 dan 2024 nanti anggaran tersebut akan dialokasikan. Ketua DPRD NTT juga mengatakan akan  berkomunikasi dengan Komisi I agar lebih diperkuat  lagi.

turut hadir dalam kunjungan tersebut empat Anggota KPU antaranya Yosafat Koli, Lodowyk Fredrik,  Fransiskus V. Diaz dan Jeffri A. Galla didampingi pimpinan dari sekretariat KPU Provinsi NTT.

* ok.

 

Additional information