Video Pelantikan DPRD NTT

 

KEMITRAAN DPRD DENGAN KEPALA DAERAH MERUPAKAN SYARAT MUTLAK

 

DPRD merupakanunsur pemerintahandaerahbersamaKepala Daerah. Hal inibermakna, DPRD memilikitanggungjawabkonstitusional  untukmencapaitujuanpenyelenggaraanpemerintahandaerahsebagaimanadiamanatkandalamUndangUndangNomor 23 Tahun 2014 TentangPemerintahan Daerah. Karena iturelasikemitraan yang salingmengisi, mendukung dan menguatkanantara DPRD denganKepala Daerah merupakansyaratmutlakbagikesuksesanpenyelenggaraanpemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di daerah.  Hal tersebut di sampaikan oleh ketua DPRD Provinsi NTT  H. Anwar Pua Geno , SH  dalam pidatonya pada rapat paripurna istimewa pengambilan sumpah/janji Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Provinsi NTT periode masa bakti 2014 - 2019 pada Selasa , 22 januari 2019 di ruang sidang utama kantor DPRD Provinsi NTT.

Melanjutkan pidatonya , peran DPRD melalui 3 fungsiyakni; fungsipembentukanperaturandaerahdimana DPRD membentuk peraturandaerahbersamaKepala Daerah, fungsianggarandimana DPRD membahas dan menyetujui APBD bersamaKepala Daerah dan fungsipengawasandiwujudkandalambentukmengawasipelaksanaan peraturandaerah, kebijakan, program dan kegiatan pembangunan, pemerintahan dan pelayanan masyarakat yang ditetapkan oleh Kepala Daerah.  Dalam kesempatan itu juga  kepada ketiga anggota Dewan yang baru di lantik yaitu; LOUISE LUCKY TAOLIN, S.SOS dari Partai Golkar Daerah Pemilihan(Kabupaten TTU, Belu dan Malaka); GABRIEL DARMAWAN dari PDI Perjuangan Daerah Pemilihan VII (Kabupaten TTU, Belu dan Malaka) dan RAFAEL DAUD GA, SE,MM dari Partai Hanura Daerah Pemilihan V (Kabupaten Sikka, Ende, Nagekeo dan Ngada) Anwar Pua Geno  menyampaikan  agar  segera dan dengan cepat dapatmenyesuaikan dalam melaksanakan fungsi fungsi Dewan tersebut.  

Dengan di lantiknya ketiga anggota DPRD tersebut maka genaplah sudah jumlah anggota DPRD provinsi NTT yaitu 65 orang.  Sidang dewan yang di gelar ini ,  di hadiri langsung oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur viktor bungtilu laiskodat, sekda Provinsi NTT  beserta jajarannya dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah NTT.              Pua Geno menjelaskan bahwa  LOUISE LUCKY TAOLIN, S. SOS menggantikan Saudara ALFRIDUS BRIA SERAN, ST dari Partai Golkar yang akan menempati posisi pada Komisi II dan Badan Anggaran; Saudara GABRIEL DARMAWAN menggantikan Saudara DOLVIANUS KOLO, S. Pd dari PDI Perjuangan yang akan menempati posisi pada Komisi I dan Badan Musyawarah dan Saudara RAFAEL DAUD GA, SE, MM menggantikan Saudari ANGELA MERCY PIWUNG, SHdari Partai Hanura yang akan menempati posisi pada Komisi IV dan Badan Musyawarah.   ITOC

Additional information